Articles

Mitos atau Fakta? Benarkah Kurangnya Jam Tidur Memengaruhi Siklus Datang Bulan?

Foto: Unsplash

Siklus menstruasi yang tidak teratur sering menjadi problematika bagi wanita. Normalnya, wanita mengalami siklus menstruasi 28 hari dan paling panjang 35 hari. Seorang wanita dikatakan haidnya nggak teratur kalau siklusnya lebih dari 35 hari atau setiap bulannya berbeda-beda. 

Kebanyakan penyebab menstruasi nggak teratur berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Nah, salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon ini salah satunya kurang tidur girls. Bagi wanita, durasi tidur yang normal yaitu 8-9 jam. Berikut iFree rangkum informasi terkait kurangnya jam tidur mempengaruhi siklus menstruasi.


Hubungan Kurangnya Jam Tidur dengan Siklus Menstruasi 

Foto: Unsplash

Dikutip dari Fimelaberdasarkan sebuah ulasan yang dipublikasikan di Sleep Medicine, mengubah jam tidur tubuh dapat memengaruhi hormon-hormon reproduktif yang memengaruhi fase ovulasi dan menstruasi. Nah, kalau haid kamu nggak teratur, coba cek jam tidurnya. Barangkali kamu lagi sering begadang karena pekerjaan atau tugas sehingga baru bisa tidur saat pagi datang. Hayo, siapa yang kayak gini?

Selanjutnya, saat kita tidur, ada hormon yang memang bekerja untuk mengatur siklus tidur kita yaitu hormon melatonin. Selain berperan penting dalam mengatur siklus tidur, hormon ini juga berperan penting untuk mengatur sistem reproduksi dan menstruasi.


Nah, penting banget kan girls menjaga pola tidur yang sehat supaya kamu bisa mendapatkan siklus haid yang teratur. Selain stres dan kurang tidur, siklus haid nggak teratur juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain. Seperti stres, pola makan yang buruk, konsumsi obat-obatan tertentu, atau karena pengaruh olahraga yang terlalu intens. Kalau kamu merasa ada masalah lain yang bikin haid nggak teratur, segera berkonsultasi ke dokter ya girls!

Tapi, kalau penyebab kamu susah tidur karena kram haid yang bikin geregetan, itu artinya kamu perlu iFree pad terapi hangat sebagai pertolongan pertama! iFree adalah pad terapi hangat untuk membantu meredakan nyeri haid. Nah, hangat yang dikeluarkan iFree pad bisa tahan hingga 8 jam dengan proses Oxyheat alami. Kamu juga bisa sesuaikan level hangatnya lo. Untuk level hangat kamu bisa tempel di bagian dalam baju. Level agak hangat,  kamu bisa tempel pad di bagian luar celana dalam. Nah, kalau untuk lebih hangat, tempel pad di bagian dalam celana dalam. Praktis banget kan? Pakai iFree, siap aktif lagi!



Send

{{ total_comments }} Comments
{{ comment.commentator.name }}

{{ comment.comment }}

Show more comments Please wait...

No More Comment

Get Free
Sample

free sample
Get Yours

Buy Online

Recommended for You

No More Related Articles