Articles

Tipe-Tipe Cewek Saat Menjelang Datang Bulan. Kamu Tipe yang Mana, Girls?

Foto:Unsplash

Pernah nggak sih, lagi asik-asik ngobrol bareng teman, ternyata ada satu teman cewek yang bete dan cuma diem aja? Atau, kalau lagi bercanda, yang lain ketawa, dia cuma cemberut? Sebagai teman-temannya, kita mungkin berspekulasi jangan-jangan dia lagi datang bulan, karena biasanya kalau lagi ada ‘tamu’ bulanan, cewek jadi lebih sensitif. Tapi, menstruasi bukan hanya tentang perasaan sensitif. Ada beberapa fase yang dilewati cewek-cewek selama siklus menstruasi. Yuk, simak fase-fase yang dialami dan gimana tipe-tipe cewek kalau lagi di fase-fase tersebut!

Si Mageran: Rasanya Pengen Tidur Terus

Foto:Unsplash

Pada fase ini, otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah dan menyebabkan perut kita kram. Yup, ini adalah fase menstruasi dan dialami sejak hari pertama haid. Fase ini berlangsung selama 5-6 hari, bahkan ada yang sampai 7 hari. Nah, di fase ini kondisi fisik kita lagi di titik terendah. Makanya, biasanya kita pengen tiduran aja dan pengen makan yang banyak. Ditambah lagi kram perut yang sakitnya bikin kita pengen guling-guling. Huhuhu.

Si Paling Bahagia: Pelan-pelan Mulai ‘Terlahir’ Kembali

Foto: Unsplash

Kalau kamu merasa nafsu makanmu kembali normal dan mulai good mood, ini tandanya kamu sedang mengalami fase folikuler atau pra ovulasi. Mengutip dari Hellosehat, sejak hari pertama haid, hormon perangsang folikel (FSH) mulai menghasilkan folikel. Setiap folikel berisikan sel telur yang belum matang dan nantinya hanya folikel yang paling sehat yang akan matang. Pada fase ini juga, dinding rahim yang luruh menebal kembali. 

Si Paling Cantik dan Paling Pede: Yay! Semua Kembali Normal

Foto:Unsplash

Selanjutnya, kamu akan mengalami fase ovulasi dimana sel telur siap untuk dibuahi. Sel telur yang matang akan dilepaskan dari ovarium ke saluran tuba dan bertahan biasanya 12-24 jam. Fase ini terjadi di hari ke-14 dari siklus menstruasi, tapi fase ovulasi setiap cewek nggak sama, tergantung dari siklus menstruasinya. Pada fase ini, hormon estrogen dan testosteron sedang berada di puncak-puncaknya. Kamu akan merasa lebih cantik, kulit-kulit terasa lebih halus, rasa percaya diri meningkat sehingga kamu lebih mudah mengungkapkan pikiran atau perasaan. Psstt, gairah seks juga berada di puncak tertinggi.

Si Senggol Bacok: Mood Mulai Sering Berubah

Foto: Unsplash

Setelah kamu merasa ‘seperti hidup kembali’, kamu akan masuk ke fase luteal atau fase terakhir menstruasi. Di fase ini, cewek-cewek jadi mulai sensitif, gampang marah, dan rasanya pengen makan terus. Mengutip dari Hellosehat, dalam fase ini, folikel yang telah pecah mengeluarkan sel telur akan membentuk korpus luteum pada ovarium bekas folikel setelah ditinggal sel telur yang sudah hancur karena tidak dibuahi sperma. Fase luteal dimulai di hari ke-15 dan berlangsung hingga fase menstruasi tiba. Di fase ini, hormon progesteron meningkat untuk mempertebal lapisan dinding rahim. Nah, di fase ini kamu mulai merasakan gejala sindrom pra menstruasi. Berbagai gejala yang timbul yaitu perut kembung, payudara mulai membengkak, mood mulai sering berubah, cenderung merasa murung, berat badan bertambah dan rasa ingin makan terus mulai kembali muncul.

So, begitulah fase-fase menstruasi yang kamu alami dan gejala-gejala umum yang dirasakan. Penting untuk diketahui juga, siklus menstruasi tiap cewek pasti berbeda. Bahkan, seorang cewek bisa mengalami siklus menstruasi yang berbeda setiap bulannya. Jadi, penting banget untuk mengenali tubuhmu sebaik mungkin supaya bisa mengantisipasi hal yang nggak diinginkan. 

Setelah kamu mengetahui tanda-tanda dari tiap fase yang kamu alami, jangan lupa pastikan untuk stok iFree ya! Supaya saat red day datang, kamu nggak bingung lagi mengatasi kram perut. Dengan teknologi oxyheat, hangatnya iFree bisa tahan hingga 8 jam dan bisa kamu pakai selama beraktivitas. Pakai iFree, siap aktif lagi!

Get Free
Sample

free sample
Get Yours

Buy Online

Recommended for You

No More Related Articles